• banner 1
  • banner 2
  • banner 3

Selamat Datang di Website SMK NEGERI 4 PURWOREJO. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SMK NEGERI 4 PURWOREJO

NPSN : 20338849

Jl. Purwodadi - Grabag Km. 5. Briyan, Ngombol, Purworejo


smkn4_purworejo@yahoo.co.id

TLP : 0275-2971077


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 288509
Pengunjung : 77889
Hari ini : 212
Hits hari ini : 3333
Member Online : 0
IP : 3.236.83.154
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Asyiknya Praktikum Fisika Jarak Jauh Menggunakan PhET Colorado Simulations




 

JATI PURNOMO , S.Pd

SMK NEGERI 4 PURWOREJO

cintakirana527@gmail.com

 

Adanya pandemi virus corona yang mewabah di seluruh dunia mempengaruhi semua sektor kehidupan manusia termasuk di dunia pendidikan. Pembelajaran yang awalnya hanya tatap muka secara langsung di dalam kelas dipaksa untuk dilakukan secara jarak jauh. Berbagai penyesuaian dilakukan oleh semua pihak utamanya guru untuk mewujudkan pembelajaran bermakna bagi siswa agar pelayanan terbaik dapat diberikan.

Pembelajaran sains seperti kimia, fisika dan biologi di jenjang sekolah menengah atas atau kejuruan yang seharusnya dipenuhi dengan praktikum-praktikum guna  membangkitkan rasa keingintahuan siswa pun harus dilakukan secara jarak jauh. Guru mata  pelajaran tersebut tentunya harus memutar otak melakukan inovasi agar pembelajaran bagi siswanya tetap utuh terlaksana. Salah satu cara untuk mewujudkan pengalaman pembelajaran yang utuh dan menyenangkan di masa pembelajaran jarak jauh ini adalah praktikum menggunakan simulasi virtual lab.

Menurut Noah (2006) Physics Education Technology (PhET) adalah simulasi yang dibuat oleh (University Of Colorado) yang berisi simulasi pembelajaran fisika, biologi, dan kimia untuk kepentingan  pembelajaran dikelas atau belajar individu. Kelebihan simulasi PhET yaitu menekankan hubungan antara fenomena kehidupan nyata dengan ilmu yang mendasari, mendukung pendekatan interaktif dan kontruktivis, memberikan umpan balik, dan menyediakan tempat kerja kreatif. Jadi, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis oleh siswa dan guru berbasis android, PC serta Laptop.

Penulis disini merupakan guru fisika sehingga yang akan kita bahas lebih lanjut adalah mengenai praktikum fisika. Praktikum yang beberapa waktu lalu sempat dipraktikkan langsung oleh penulis bersama dengan siswa. Langkah pertama yang dilakukan oleh penulis adalah membuat panduan praktikum berbentuk pdf dan berbentuk video. Panduan ini dikonsultasikan ke ahli untuk mendapatkan penilaian ahli (expert judgement) sebelum digunakan oleh para siswa. Setelah dinyatakan layak oleh ahli, langkah selanjutnya adalah sosialisasi terkait praktikum jarak jauh kepada para siswa. Guru mengajak para siswa untuk melakukan google meeting atau pertemuan virtual guna mendapatkan penjelasan terkait praktikum yang akan mereka lakukan. Siswa antusias melakukan google meet ini meskipun beberapa ada yang terkendala sinyal dan masalah kuota internet. Selanjutnya para siswa diminta untuk melakukan praktikum menggunakan Phet Simulation ini di rumahnya masing-masing. Di dalam panduan yang dibuat guru, terdapat tautan atau alamat link untuk memudahkan siswa menuju web Phet untuk praktikum. Siswa yang kesulitan dalam melakukan praktikum bisa berkonsultasi dengan guru melalui aplikasi pesan singkat / Whatsapp. Kemudian siswa diminta membuat laporan berbentuk tulisan dan video tangkapan layar saat mereka melakukan praktikum. Selain melakukan praktikum secara jarak jauh ini, siswa sekaligus juga belajar mengedit video sehingga keterampilan yang didapatkan lebih banyak. Keterampilan edit video dewasa ini juga merupakan keahlian yang dibutuhkan di dunia usaha.

 

Siswa juga diminta membuat video yang berisi testimoni setelah melakukan praktikum secara jarak jauh. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa praktikum yang dilakukan asyik dan menyenangkan. Pemahaman yang mereka peroleh juga lebih baik saat belajar menggunakan PhET simulation. Terbukti dari hasil pretes dan postes yang meningkat saat menggunakan simulasi ini. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Saputra dkk (2020) terdapat pengaruh penerapan pembelajaran daring berbantuan laboratorium virtual terhadap hasil belajar siswa yakni mengalami peningkatan. Sangat saya sarankan agar bapak ibu guru utamanya guru sains untuk mengajar jarak jauh menggunakan simulasi karena akan meningkatkan hasil belajar.

 

Daftar Pustaka

Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi PhET (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar MIPA. 15(2),       hal :110–115.

https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459

Noah, Finkelstein. 2006. Higtech Tools Fot   Teaching Physics    Education Technology Project. Merlot Journal Of Online Learning And Teaching. 2 (3). 110-121.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas